Yamaha Byson keluar asap hitam jangan buru buru kuatir, mungkin ini sebabnya !

Pagi ini saya cukup dibuat khawatir ketika menghidupkan sepeda motor Yamaha Byson tahun 2012 yang saya miliki. Tidak seperti biasanya, motor ini mengeluarkan asap hitam yang cukup banyak apalagi ketika saya tambahkan gas pada motor ini.
Langsung muncul rasa kekhawatiran mengenai kerusakan mesin yang cukup parah pada motor yang saya miliki. Karena bagi yang diketahui orang awam seperti saya, motor yang mengeluarkan asap baik itu asap hitam maupun asap putih biasanya merupakan indikasi bawa motor dengan dalam kerusakan yang cukup parah.

Tapi sebelum berpikir dan khawatir  terlalu jauh, saya langsung membawa motor ini untuk dicek di bengkel langganan saya. Dan kebetulan karena pagi ini cukup ramai, terpaksa saya harus menunggu antrian untuk bisa segera dilakukan pengecekan terhadap motor saya.

Sambil menunggu, saya gunakan untuk ngobrol - ngobrol dengan kepala mekanik yang ada di bengkel motor Yamaha yang biasa saya pakai untuk melakukan servis motor saya mengenai apa saja yang menjadi kemungkinan penyebab dari motor mengeluarkan asap hitam.
Menurut dari kepala mekanik yang saya ajak ngobrol ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan motor menjadi tiba-tiba mengeluarkan asap hitam antara lain dikarenakan konsumsi bahan bakar yang terlalu boros. terutama bagi motor yang masih menggunakan karburator bisa jadi cara penyetelan karburator belum sesuai atau kurang pas.

Namun Selain itu ada beberapa kemungkinan lain yaitu adanya beberapa part yang memang sudah saatnya diganti atau dilakukan pengecekan secara rutin. 

Filter udara yang kotor juga bisa menjadi penyebab kemungkinan terjadinya keluar asap hitam pada kendaraan bermotor yang anda miliki, diperlukan proses pembersihan atau penggantian filter agar asap hitam bisa dihilangkan.

Asap hitam yang keluar tiba-tiba juga bisa saja terjadi karena adanya kondisi yang tidak bersih pada knalpot motor kita. Kotoran yang ada dalam knalpot bisa saja terbakar karena pengaruh panas dari mesin sehingga menyebabkan keluarnya asap hitam.

Namun akan lebih baik jika motor yang bermasalah atau tiba-tiba mengeluarkan asap hitam seperti ini langsung dilakukan pengecekan di bengkel terpercaya secara total, agar tidak salah diagnosa penyakit pada motor Anda sehingga tidak membuang-buang uang dan salah penanganan. Semakin cepat penanganan akan semakin lebih baik dan menghindari kerusakan sparepart lebih parah lagi.


Post a Comment

Previous Post Next Post