Perlengkapan bengkel yang wajib ada didalam mobil anda, penting !

Mengendarai mobil dengan usia diatas 10 tahun atau bahkan lebih dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru tentunya akan sangat berbeda rasanya. Selain fasilitas dan fitur yang berbeda, faktor umur mesin dan part kendaraan akan sangat mempengaruhi kenyamanan anda dalam mengemudi.

Namun, jika kita rutin melakukan perawatan tentunya tidak perlu kuatir dalam mengemudikan mobil tua anda. Percayakan perawatan mobil anda kepada bengkel terpercaya anda. Usahakan tidak berpindah pindah bengkel agar histori perawatan mobil anda bisa tertata dengan baik.

Tetapi, meskipun terkadang perawatan rutin sudah kita lakukan, terkadang tetap saja ada masalah saat kita mengendarai mobil tua kesayangan. Nikmati saja dan anggap itu sebagai bagian dari hobi anda memiliki mobil tua ya bro..

Nah, agar kita bisa tetap tenang mengendarai mobil tua kita, ada baiknya kita juga melakukan tindakan antisipasi dengan menyiapkan peralatan yang mungkin akan bermanfaat jika suatu saat terjadi masalah pada mobil anda setidaknya ada hal hal kecil yang sudah kita siapkan untuk mengatasinya.
Kira kira apa saja sih yang perlu kita persiapkan ya.. yuk kita simak lebih lanjut ..

Peralatan yang wajib ada di dalam mobil tua anda

  1. Segitiga pengaman dan lampu hazard. Benda ini penting ada di mobil karena pada saat mobil kita bermasalah, benda ini bisa bermanfaat sebagai signal kepada pengemudi lain bahwa kendaraan yang kita naiki sedang ada masalah.
  2. Obeng dan kunci set, Jika anda memilih untuk memiliki dan mengemudikan mobil tua, ada baiknya anda sedikit mempelajari karakter mesin anda. Misalnya seberapa besar setelan karbu mobil anda . Hal ini bisa anda sesuaikan jika anda memiliki peralatan seperti obeng dan kunci pas. Tahukah anda, bahwa terkadang pada saat mobil kita mogok itu bukanlah suatu permasalahan yang selalu berat. Terkadang hanya dengan obeng dan kunci pas, masalah bisa terselesaikan.
  3. Dongkrak, Kunci ban dan alas tikar, Nah, kalau ini sudah jelas wajib ada kan? Bayangkan kalau ban bocor di tengah jalan dan kita sudah memiliki ban cadangan tapi tidak membawa peralatan ini..konyol bukan ? Hehehehe...
  4. Lampu penerangan darurat. Jika kendaraan anda bermasalah pada saat hari sudah gelap, tentunya akan sangat repot kalau harus menunggu pagi hanya untuk melakukan pengecekan atau perbaikan ringan pada kedaraan anda. Atau, bisa jadi meskipun siang tetapi posisi part yang bermasalah kurang jelas karena gelap dan letaknya tersembunyi, nah lampu darurat inilah solusinya bukan?
  5. Tali tambang, Jika kendaraan sudah diotak atik di tempat tetapi masih tidak bisa kembali normal, kemungkina terakhir adalah mendereknya ke bengkel. Menunggu mobil derek bisa jadi lama. Tapi lain halnya jika ada tali tambang yang cukup kuat untuk bisa menarik mobil anda ke bengkel terdekat. Anda mungkin bisa meminta bantuan kendaraan yang sedang melintas untuk menarik ke daraan anda ke bengkel terdekat.

Beberapa benda di atas sangat penting untuk bisa kita pakai jika kendaraan kita sedang bermasalah. Meskipun Tentunya kita berharap tidak ada kejadian buruk atau kerusakan pada mobil atau kendaraan yang bisa menyusahkan kita.

Namun dengan membawa peralatan diatas, selain untuk antisipasi kerusakan mobil kita sendiri, maanfat lain dari adanya peralatan tersebut adalah mungkin kita bisa Membantu bagi sesama pemilik mobil tua yang sedang kita temui bermasalah dengan kendaraannya di jalan yang sedang kita lalui.

Juga ada sedikit saran dari saya, jika anda termasuk penggemar dan pemilik mobil berumur tua, ikutlah kedalam komunitas mobil sejenis, setidaknya kita bisa ikut diskusi dan menambah informasi seputar perawatan dan spare part mobil kita.
Selain itu, kita juga bisa menolong atau ditolong saat menemui sodara yang mungkin sedang mengalami masalah atau kendala dengan kendaraannya.

salam seduluran
TM

Post a Comment

Previous Post Next Post